Tips Merawat Kaos Putih Agar Tidak Kusam

Merawat Kaos Supaya Tidak Kusam

            Bisa jadi salah satu kegiatan yang malas dilakukan adalah merawat pakaian. Apalagi bagi orang yang sibuk, capek dan penat menjadi alasan utama. Sehingga akan memilih memanfaatkan jasa binatu/laundry agar tidak kerepotan.

Bahkan beberapa orang ada yang mengenakan pakaian berkali-kali tanpa dicuci. Tapi, kebiasaan tersebut hanya mempercepat kerusakan. Mau tidak mau, pakaian kesayangan harus diganti dengan yang baru. Tentu saja ini dapat memakan biaya yang lebih besar.

Seberapa Penting Merawat Pakaian?

Memang, merawat pakaian cukup melelahkan karena tidak cukup dengan satu langkah. Untuk menjaga pakaian tetap dalam kondisi baik memerlukan proses mencuci, menjemur, menyetrika hingga menyimpan dengan benar.

Langkah-langkah tersebut harus dilakukan agar pakaian dalam kondisi baik sehingga layak digunakan.

Merawat pakaian dengan benar membuatnya lebih tahan lama. Dibandingkan membeli baru atau menggunakan jasa laundry, mencuci pakaian sendiri dapat menghemat biaya. Terlebih lagi perawatan antara satu pakaian dengan yang lain bisa berbeda.

Tips Merawat Kaos Berwarna Putih

Coba lihat lemari pakaian anda sekarang! Dari sekian banyak baju, ada berapa stok kaos putih? Tak dapat dipungkiri, hampir semua orang memiliki paling tidak satu kaos putih. Bahkan bagi sebagian orang, kaos ini sering dipakai.

Hanya saja, kaos putih cenderung cepat kusam dibandingkan warna lain. Sehingga perlu kecermatan untuk merawatnya. Berikut ini tips yang bisa dilakukan agar kaos putihmu tidak mudah kusam.

  • Pisahkan Kaos Putih Dari Baju Berwarna Saat Mencuci

Saat hendak mencuci, pisahkan terlebih dahulu kaos putih dengan warna lain. Tindakan menyortir ini wajib dilakukan untuk menjaga warna kaos putih tetap bersih. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadi kelunturan. Noda luntur pada kaos putih lebih sulit dihilangkan.

Meski pakaian berwarna lain tidak luntur, tetap muncul kemungkinan terjadi transfer warna. Transfer warna dapat menyebabkan kaos putih terlihat lebih gelap. Untuk itu, jangan pernah menggabungkan pakaian berwarna dengan putih.

  • Tangani Noda Yang Menempel Terlebih Dahulu

            Noda yang menempel pada kaos putih dapat terlihat jelas. Tentu saja noda tersebut membuat penampilan berantakan. Bayangkan saja, sudah capek memilih pakaian yang pas tiba-tiba ada noda. Tanpa sadar, mood juga langsung berubah.

Jika ingin kaos putih tetap awet maka segera bersihkan noda tersebut. Membersihkan tanpa membuang waktu dapat mencegah noda membandel. Semakin lama noda tersebut menempel, maka akan semakin sulit dibersihkan. Inilah salah satu penyebab kaos putih terlihat dekil dan kusam. Caranya bisa menggunakan baking soda.

Penggunaan baking soda sebagai bahan alami juga dapat membersihkan noda pada pakaian. Anda bisa menggosokkan baking soda pada titik noda. Sebelum dibilas, diamkan dulu kaos putih anda selama 15 menit. Tujuannya agar noda dapat meresap pada baking soda. Sehingga terurai secara maksimal.

  • Langsung Dicuci Setelah Kaos Dipakai

Sudah menjadi perilaku yang wajar, seseorang mengenakan kembali baju yang telah dipakai. Ini berlaku saat baju masih terlihat bersih. Perilaku ini dianut oleh banyak orang. Alasannya, menghemat jumlah cucian pada akhir pekan.

Akan tetapi, aturan tersebut tidak berlaku untuk kaos putih. Kaos yang berwarna terang akan lebih cepat kusam apabila sering digunakan. Penggunaan berkali-kali tanpa dicuci, membuat kotoran semakin banyak yang menempel. Lambat laun, warna putih tidak terang lagi.

Terlebih lagi bagi orang yang kadar keringatnya berlebihan, harus raijn mencuci kaos berwarna putih. Karena keringat mengandung zat kimia yang dapat bereaksi terhadap senyawa lain. Cairan keringat akan bereaksi terhadap debu dan kotoran yang menempel pada kaos.

Reaksi kimia yang terjadi antara keringat dan debu dapat mengubah warna kaos putih menjadi kusam. Hal ini rentan terjadi pada orang yang aktif di luar ruangan. Sebaiknya segera cuci kaos anda setelah 1-2 kali pemakaian.

  • Hindari Memasukkan Baju Ke Mesin Cuci Sampai Penuh

Pasti banyak yang memasukkan baju kotor hingga penuh ke dalam mesin cuci. Jika ditanya, alasannya untuk menyingkat waktu. Kebiasaan yang salah ini harus dihilangkan. Menumpuk baju pada mesin cuci membuat kinerja mesin cuci dan deterjen tidak optimal.

Mesin cuci memiliki batasan tertentu dalam menggiling pakaian. Aturan ini dapat dilihat dari petunjuk penggunaan atau spesifikasi mesin. Selain itu, air bilasan tidak dapat membersihkan kotoran dari serat kain apabila terlalu penuh. Bukannya bersih, kotoran yang tersisa malah akan menempel pada kaos putih.

  • Mencuci Dengan Deterjen Khusus

Kaos putih yang telah dipisah harus dicuci terlebih dahulu. Agar warnanya tetap awet, maka perlu menggunakan deterjen khusus. Saat ini telah banyak dijual deterjen khusus untuk baju berwarna putih. Jika sulit menemukan, bisa menggunakan deterjen anti noda. Deterjen seperti ini dapat menghilangkan berbagai noda.

  • Selalu Jaga Kebersihan Mesin Cuci

Kebersihan mesin cuci juga menjadi faktor penyebab kusamnya kaos putih. Membersihkan mesin cuci wajib dilakukan setelah digunakan. Bahkan sebelum memasukkan pakaian kotor, sebaiknya membilas bagian tabung terlebih dahulu.

Jangan biarkan mesin cuci setelah aktivitas mencuci. Bisa jadi air bilasan pakaian masih meninggalkan kotoran. Kotoran-kotoran ini membuat kaos putih kusam pada cucian selanjutnya.

  • Teknik Menjemur Yang Tepat

Siapa yang menyangka, menjemur pakaian juga ada tekniknya. Agar warna tetap cemerlang, kaos putih tidak boleh dijemur asal-asalan. Penerapan teknik penjemuran dapat mempengaruhi warna kaos.

Bila pakaian berwarna menghindari sinar matahari langsung, kaos putih kebalikannya. Menjemur kaos putih polos di bawah sinar matahari langsung sangat dianjurkan. Sinar matahari memiliki peran penting dalam mencerahkan warna.

Pengeringan kaos putih menggunakan mesin tidak disarankan. Karena panas dari mesin dapat meresapkan noda ke dalam serat kain. Sedangkan pancaran sinar matahari dapat dijadikan sebagai pemutih alami. Selain itu, dapat menghilangkan noda kekuningan. Jemur kaos putih dari bagian dalam.

  • Mengatur Suhu Setrika

Setrika dapat mengubah pakaian yang kucel menjadi lebih rapi. Menyetrika juga termasuk dalam langkah perawatan pakaian. Tapi, hal yang sering dilupakan saat merawat kaos putih adalah mengatur suhu setrika.

Beberapa kaos putih memiliki batas temperatur setrika. Ini tertulis pada label yang menempel pada bagian leher belakang. Panduan tersebut wajib diterapkan saat merawat pakaian.

Suhu panas tidak menjamin kaos langsung licin dan rapi. Justru panas yang tinggi menyebabkan warna putih menjadi kusam. Anda bisa memanfaatkan cairan pelicin pakaian agar kaos putih cepat rapi.

  • Penyimpanan Yang Benar

Cara penyimpanan turut mempengaruhi warna kaos putih. Penggunaan gantungan berbahan kayu atau plastik sangat disarankan. Gantungan besi berpotensi menimbulkan karat yang dapat menempel pada kaos. Noda karat nantinya sulit dibersihkan.

Simpan kaos putih pada lemari tertutup agar terhindar dari debu. Apabila menyimpan pada rak terbuka, maka tutupi dengan plastik penutup pakaian. Sebaiknya tidak melipat kaos putih terlalu lama di dalam lemari. Karena lipatan dan gesekan dapat menimbulkan jejak kotoran.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar kaos putih tidak cepat kusam. Pada dasarnya, kunci keberhasilan adalah perawatan yang tepat. Dan jangan pernah malas untuk merawat pakaian sendiri.Semoga tips kali ini dapat mengubah kebiasaan dalam merawat kaos berwarna putih.

×

Powered by WhatsApp Chat

× 𝗛𝘂𝗯𝘂𝗻𝗴𝗶 𝗞𝗮𝗺𝗶.