10 Keunggulan Jaket Dari Bahan Micro Yang Harus Anda Tahu

Jaket termasuk salah satu pakaian yang harus ada dalam lemari Anda. Paling tidak, Anda “wajib” memilikinya walau hanya satu pieces. Sebab fungsi jaket bukan lagi sekadar pakaian hangat, melainkan dapat pula sebagai pelindung tubuh dari paparan sinar matahari langsung hingga pelengkap penampilan.

Selain model jaket, letak kenyaman menggunakan jaket tergantung pada bahan yang digunakan. Ada beberapa jenis bahan kain yang direkomendasikan dalam pembuatan jaket, baik untuk pria maupun wanita. Salah satu bahan yang paling banyak disukai ialah kain micro.

Kain micro memang menawarkan kelebihan tersendiri di bandingkan dengan bahan jaket lainnya. Sebagai bukti agar Anda yakin, berikut adalah:

10 Keunggulan Jaket Pria dan Wanita dari Bahan Micro.

  1. Bahannya Terasa Halus Dan Licin

Kain micro dibuat dari benang polyster yang berukuran kecil. Kerapatan seratnya tersusun rapi. Itu yang membuat kain ini terasa sangat halus ketika disentuh. Tampilannya yang terkesan licin menjadikan jaket dari bahan micro terlihat lebih berkelas dibandingkan jaket berbahan parasut.

  1. Mudah Dikombinasikan Dengan Fashion Item Lain

Kain micro bersifat fleksibel, dalam artian cocok dipadukan dengan pakaian lain, baik formal maupun nonformal. Sehingga bebas bagi pengguna berkreasi untuk menunjukkan penampilan terbaiknya.

Contoh untuk gaya santai, Anda bisa memadukan jaket micro dengan T-Shirt sebagai dalaman dan celana atau rok jeans sebagai bawahannya. Sedangkan untuk acara semi formal, jaket micro bisa di-mix dengan kemeja dan celana kain. Bahkan, ada jenis jaket tertentu berbahan dasar kain micro yang bisa padukan dengan setelan formal seperti batik dan celana hitam.

  1. Kuat Dan Tahan Lama

Idealnya, jaket harus punya masa pakai yang panjang atau tahan lama. Guna mewujudkannya maka bahan yang digunakan harus kuat seperti kain micro. Bukan iming-iming belaka, kain micro nyatanya memang teruji kuat dan tahan lama. Hal tersebut dikarenakan kain micro bukanlah kain yang diproduksi sembarang jadi, melainkan dengan mengedepankan teknologi canggih berbasis nano teknologi.

Tak heran jika durabilitas dan kekuatan kain micro boleh diadu dengan bahan lain dari kelas sejenis. Ketahanannya bahkan bisa sampai bertahun-tahun lamanya. Bahkan, lebih daripada itu, beberapa jenis kain micro telah dilengkapi dengan lapisan anti air yang menjadikannya tangguh di segala musim. Warnanya juga tidak lekas luntur walau dicuci dan dijemur berulang kali, tahan terhadap debu serta goresan.

  1. Ringan Di Badan

Ketebalan kain micro memang tidak seberapa dibanding kain taslan atau baby terry. Namun, itu pula yang jadi point plus dari bahan jaket yang satu ini. Sebab, bobotnya jadi tidak seberapa berat. Pakaian yang ringan di badan secara tidak langsung membuat penggunanya lebih lincah bergerak.

  1. Dapat Digunakan Untuk Kegiatan Indoor Maupun Outdoor

Jaket dari yang terbuat dari bahan micro sangat bisa diandalkan dalam berbagai aktivitas indoor maupun outdoor. Kadang kala jaket micro ini difungsikan sebagai seragam olahraga. Bahkan untuk kegiatan ekstrem sekalipun seperti touring, mendaki gunung, dan sebagainya. Kelebihan tersebut tidak terlepas dari mutu kain micro itu sendiri yang terkenal kuat, awet, dan tahan lama.

  1. Warna Bervariasi

Variasi warna yang begitu kaya menambah daftar panjang alasan pria dan wanita menjatuhkan pilihan pada jaket berbahan micro. Kain micro memang tersedia dalam banyak warna pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera, kebutuhan, maupun gender si penggunanya.

Koleksi warnanya juga mempesona. Dan, yang terpenting warna kainnya tidak mudah luntur ketika dicuci dan tidak lekas pudar bila terkena paparan sinar matahari langsung.

  1. Perawatannya Mudah

Beberapa jenis kain membutuhkan perawatan lebih agar tidak mudah rusak. Semisal tile, sifon, dan sutera. Tidak demikian dengan bahan micro ini. Walaupun teksturnya halus, namun perawatannya sangat mudah.

Apabila jaket Anda yang berbahan micro tersebut terkena noda, Anda hanya perlu membasuhnya dengan kain basah. Noda yang baru menempel, biasanya tidak perlu dikucek dengan detergen.

Untuk pencucian biasa, cukup gunakan deterjen andalan Anda dari merk apapun itu. Tak ada aturan khusus soal deterjen apa yang cocok digunakan untuk mencuci jaket dari bahan micro.

Begitu pula untuk proses pengeringan, cukup diremas biasa saja (tanpa perlu dipelintir) lalu jemur di bawah paparan sinar matahari langsung. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk ini karena kain micro termasuk jenis kain yang sangat mudah kering.

  1. Tidak Menimbulkan Iritasi

Orang berkulit sensitif sangat rentan mengalami iritasi kulit. Karenanya, mereka harus pintar-pintar memilih bahan pakaian. Terlebih untuk jaket yang umumnya tebal dan hangat. Untungnya, jaket dari bahan micro sama-sekali tidak memicu iritasi kulit. Jadi aman dikenakan oleh siapa saja yang berkulit sensitif.

Pola rongga yang bersusun teratur pada permukaan kain, berfungsi sebagai sirkulasi udara. Dengan sirkulasi udara yang mencukupi, maka keringat yang terjebak di dalam pakaian akan lebih cepat menguap. Sehingga kulit tetap kering dan bakteri penyebab timbulnya iritasi tidak mudah berkembang biak.

  1. Tidak Mudah Kusut

Jaket berbahan micro akan terus terlihat rapi bahkan tanpa harus diseterika terlebih dahulu. Apa sebab? Sifat bawaan kain micro memang tidak mudah kusut walau sudah dipakai berulang kali atau dicuci. Bahkan, jejak lipatan saat Anda melipatnya dalam waktu yang lama juga tidak bakal kentara.

  1. Mampu Menghangatkan Tubuh

Sejatinya yang diharapkan dari sebuah jaket adalah kemampuannya menghangatkan tubuh saat suhu dingin. Namun, tetap terasa adem jika dikenakan pada musim panas. Nah, bahan micro dapat mewujudkan keduanya secara nyata.

Hal itu berkat kerapatan serat yang dimilikinya sehingga angin tidak mudah masuk. Serta rongga-rongga kecil di permukaan kain yang memungkinkan kulit tetap bisa bernapas dengan baik selama mengenakan jaket.

Jenis-Jenis Jaket Dari Bahan Micro

Ada banyak macam jaket yang dapat dibuat dari bahan micro. Kabar baiknya lagi, semua jenis jaket bersifat unisex—pria wanita bisa pakai. Jika Anda sedang mencari referensi model jaket seperti apa yang bagus dan cocok untuk karakter serta kebutuhan, berikut rekomendasinya:

  1. Jaket Varsity

Jaket ini mulanya dikhususkan untuk muda-mudi rentang usia 15-25 tahun. Biasa digunakan sebagai salah satu seragam kegiatan olahraga yang diadakan sekolah atau universitas. Namun, karena modelnya yang sedemikian keren, penggunaan jaket ini sudah semakin luas. Semua kalangan usia pantas-pantas saja mengenakannya.

Jaket varsity bisa dikenali dari beberapa ciri khasnya:

  • Menggunakan kancing sebagai penutup bagian depan (amat jarang ditemukan yang menggunakan ritsleting).
  • Memiliki bur atau karet pada bagian leher, lengan, dan bawah dengan warna yang sama.
  • Menggunakan dua kombinasi warna antara bagian badan dengan lengan.
  • Terdapat kantong miring di bagian samping kiri kanan perut.
  • Walaupun bukan suatu keharusan, namun umumnya jaket varsity disertai inisial huruf di dada sebelah kiri. Bisa inisial nama uniersitas, klub olah raga, ataupun nama si pemiliknya.
  1. Jaket Bomber

Jaket bomber dikenal juga dengan sebutan jaket flight. Menurut sejarah, jaket ini dulunya digunakan oleh para pilot militer untuk mengebom suatu kawasan. Kini, jaket bomber telah menjadi sebuah trend di dunia fashion. Penggemarnya luar biasa, bahkan tak terbatas usia.

Untuk mengenalinya, berikut beberapa ciri khas jaket bomber:

  • Cukup tebal serta agak menggelembung di bagian badan. Model seperti ini memang membuat penggunaanya terlihat sedikit lebih berisi, namun kemampuannya melindungi tubuh dari hawa dingin dan benturan layak diacungi jempol.
  • Dilengkapi bur pada bagian leher, pergelangan tangan, serta sekeliling bawah.
  • Menggunakan penutup depan berupa ritsleting, kancing, bahkan bisa kombinasi keduanya.
  • Material utamanya harus kokoh, salah satunya seperti kain micro.
  • Terdapat saku di beberapa bagian. Letaknya bisa dua di bagian depan, di salah satu lengan (untuk meletakkan bolpoin), bahkan di lapisan dalam jaket.
  1. Jaket Parka

Jenis jaket lainnya yang bisa menggunakan kain micro ialah jaket parka. Jaket parka terinspirasi dari pakaian hangat suku Caribou Inuit/Eskimo yang mendiami kawasan Artik. Berkat campur tangan para desainer dunia, pakaian tersebut semakin diperbagus lagi hingga kini kita mengenalnya sebagai jaket parka.

Beberapa ciri khas yang melekat pada jaket parka, antara lain:

  • Potongannya longgar dan panjang mencapai lutut.
  • Dilengkapi dengan tudung atau hoody
  • Bagian depan disertai ritsleting. Beberapa model jaket parka lainnya disertakan pula dengan tali serut (drawstring) di bagian pinggang.
  • Tak ketinggalan dua saku besar pada bagian depan sebagai pelengkap.
  1. Jaket Windbreaker

Sepintas jaket ini mirip dengan jaket bomber. Hanya saja potongannya agak pas di badan atau slim fit. Jaket windbreaker paling banyak menggunakan bahan micro. Jaket ini umumnya digunakan untuk mengantisipasi angin kencang dan hujan ringan. Cocok sekali untuk Anda yang gemar melakukan kegiatan-kegiatan outdoor, seperti tracking, mendaki gunung, dan berkemah.

Beberapa ciri khas jaket windbreaker, antara lain:

  • Berkerah tinggi yang dapat dilipat maupun ditegakkan. Model kerah tinggi ini dimaksudkan untuk melindungi leher dari suhu dingin/angin.
  • Beberapa model dilengkapi dengan tudung yang menyatu dengan jaket maupun bisa dilepas pasang.
  • Pada bagian pergelengan tangan dan sekeliling bawah disertai karet agar angin tidak mudah masuk.
  • Bagian penutup depan menggunakan ritsleting atau bisa juga kombinasi antara kancing dan ritsleting sekaligus.
  • Bagian depan biasanya dibiarkan polos. Untuk saku terdapat pada bagian dalam jaket.
  • Pola potongan jaket slim fit.

Jadi Kesimpulannya

Dari uraian panjang di atas, kami berharap pengetahuan Anda terhadap kain micro bertambah. Terutama ketika kain dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jaket untuk pria maupun wanita.

Dengan mengetahui segenap keunggulannya, tentu tak terlalu sulit lagi memilah mana jaket terbaik yang layak untuk menambah koleksi pakaian Anda. Semoga bermanfaat. Itulah 10 Keunggulan Jaket Dari Bahan Micro Yang Harus Anda Tahu.

× 𝗛𝘂𝗯𝘂𝗻𝗴𝗶 𝗞𝗮𝗺𝗶.