8 Keunggulan Cotton Bamboo Sebagai Bahan Pembuat Kaos

Dari sekian banyak kaos yang ada di rumah, berapa nilai kenyamanannya? Tak dapat dipungkiri, bahan pakaian menentukan tingkat kenyamanan. Dalam hal ini bahan katun terbukti nyaman dikenakan. Dari sekian jenis kain, cotton bamboo menjadi bahan yang sangat nyaman. Saat ini cotton bamboo digunakan sebagai bahan pembuat kaos.

Asal Muasal Cotton Bamboo

Bahan katun memang erat kaitannya dengan industri konveksi. Bahan ini sangat baik digunakan untuk bahan pakaian. Karena mudah dibentuk dan nyaman dikenakan. Tersedia berbagai jenis kain katun dengan kualitas berbeda.

Lalu bagaimana dengan cotton bamboo? Istilah ini masih asing di telinga. Harganya pun lebih mahal dari katun biasa. Tapi, kualitasnya lebih tinggi daripada jenis katun lain. Maka dari itu masih jarang yang menggunakan cotton bamboo sebagai bahan pakaian.

Dinamakan cotton bamboo karena terbuat dari pohon bambu. Bambu menjadi bahan dasar kain ini. Bambu diolah menjadi serat-serat baru. Sehingga membentuk kain yang berkualitas. Jenis katun ini merupakan bahan pakaian yang alami.

Kualitas tinggi cotton bamboo diperoleh dari campuran bahan alami. Terdapat 30% serat katun kapas dan 70% serat bambu. Pemakaian katun alami ini mulai digunakan pada pembuatan kaos

Alasan Memilih Kaos Dari Cotton Bamboo

Pakaian memiliki peran penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pasti terdapat berbagai jenis pakaian untuk menunjang penampilan. Bila diamati kembali, kaos menjadi teman berpakaian ternyaman.

Penggunaan kaos bisa jadi pilihan utama. Model yang sederhana dari kaos sudah cukup menunjang penampilan. Terlebih dari tersedia dalam berbagai warna dan bahan. Mudah dipadukan, menjadi keunggulan tersendiri.

Maka dari itu, memerlukan kaos berbahan nyaman. Seiring dengan perubahan jaman, muncullah katun bambu. Bahan ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan kaos.

Kualitas kaos katun bambu melebihi bahan lain. Sehingga lebih nyaman saat digunakan. Terutama bagi orang yang memiliki rutinitas padat.

Keunggulan Kaos Menggunakan Cotton Bamboo

Tren berbusana saat ini tidak hanya bersaing pada model pakaian. Tapi juga kualitas bahan yang digunakan. Hadir sebagai bahan berkualitas, katun bambu memiliki karakteristik unik. Keunggulan yang ditawarkan tidak bisa dilewatkan begitu saja.

  • Teksturnya Lembut dan Ringan

Karena terbuat dari bahan alami, kain katun bambu terasa lembut. Kelembutan ini bahkan sulit ditemukan pada bahan lain. Katun biasa sekalipun tetap kalah dari segi kelembutan kain.

Ketebalan kain tergolong tipis. Dengan ukuran gramasi 160 gsm dan 30s. Ini menyebabkan katun bambu sangat ringan. Meski berukuran sama dengan cotton combed 30s, gramasi kain berbeda.

  • Sifat Bahan Yang Elastis

Dalam menjalani aktivitas yang padat, diperlukan pakaian yang nyaman. Termasuk sifat elastis dari kaos patut diperhitungkan. Elastisitas serat bambu membuat kaos sangat pas di badan.

Meski begitu, kaos ini tidak mudah rusak dipakai berulang kali. Karena memiliki tingkat kerapatan tinggi. Bahkan tidak perlu cemas saat memakai dalam keadaan terburu-buru. Bahan ini tidak akan mudah sobek.

  • Anti Bakteri Dan Anti Bau

Keunggulan yang paling mencolok bahan ini adalah memiliki zat Penny Quinone. Zat tersebut berfungsi sebagai anti bakteri alami. Kuman dan bakteri tidak menyukai Penny Quinone. Maka dari itu, anda dapat terhindar dari penyakit.

Kuman dan bakteri menjadi penyebab munculnya jamur. Ini menyebabkan kaos mudah bau. Tapi hal itu dapat dicegah oleh katun bambu. Sifat anti bau juga dimiliki oleh bahan ini.

Karena serat bambu memiliki kapilaritas tinggi. Sehingga tidak mudah basah dan lembab oleh udara atau keringat. Maka dari itu, kaos akan tetap kering dan nyaman dikenakan. Meskipun sering dicuci, tidak mengurangi kemampuan mengusir bakteri.

  • Dapat Menangkal Radiasi Ultraviolet

Beraktivitas di luar rumah rentan akan paparan sinar ultraviolet. Pancaran sinar matahari dapat membakar kulit. Parahnya, berada di bawah sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan kanker.

Salah satu cara mencegah risiko tersebut, dibutuhkan kaos yang nyaman. Dengan kata lain, bahan kaos tidak memiliki daya tembus UV yang rendah. Ini bisa didapatkan melalui katun bambu. Daya tembus sinar matahari jenis katun ini 20% lebih rendah dari kain lain.

  • Daya Serap Yang Baik

Kaos katun bambu memiliki daya serap yang baik. Tak salah jika bahan ini tergolong premium. Bahannya mampu menyerap keringat dan air. Kemudian kembali menguapkan cairan tersebut.  Sehingga cocok untuk dikenakan anak-anak dan dewasa.

Kemampuan sirkulasi udara kaos serat bambu mencapai 3 kali lipat dari katun biasa. Maka dari itu, kaos ini bisa bernapas dari kelembapan. Saat panas, tubuh tetap sejuk. Dan dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin atau hujan.

  • Cocok Digunakan Pada Kulit Sensitif

Dalam cotton bamboo mengandung  asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Fungsi utama zat tersebut untuk menjaga kesehatan kulit. Mengingat terdapat anti bakteri yang sangat dihindari kuman. Sehingga kaos tidak membuat kulit iritasi.

Kaos bahan ini sangat cocok dikenakan pada orang yang berkulit sensitif. Kaos bambu sangat direkomendasikan untuk pakaian anak. Karena kulit bayi atau anak-anak lebih sensitif daripada orang dewasa.

  • Ramah Lingkungan

Mengenakan kaos cotton bamboo, berarti turut serta menjaga lingkungan. Karena pakaian tersebut dibuat dari bahan alami. Limbah serat bambu mudah terurai dengan tanah. Oleh karena itu disebut dengan bahan ramah lingkungan.

Pohon bambu tergolong tanaman yang mudah tumbuh. Untuk berkembang biak, bambu tidak memerlukan pestisida. Tumbuh secara alami, menyebabkan bambu bisa berkembang di mana saja. Tanpa perlakuan khusus, tanaman ini dapat tumbuh berkerumun.

  • Nyaman Saat Dikenakan

Kualitas dari kaos berbahan cotton bamboo tak hanya alami, tapi terbukti kualitasnya. Saat disentuh terasa ringan seperti katun biasa. Sedangkan kelembutan menyerupai kain sutera. Sehingga sangat nyaman dikenakan.

Tubuh tetap merasa segar saat mengenakan kaos katun bambu di musim panas. Karena bahan tersebut dapat mengurangi suhu 1-2 derajat. Sedangkan di musim dingin, kaos dapat mengeluarkan panas berlebih dari tubuh. Sehingga tetap merasa hangat.

Berbagai keunggulan kaos berbahan kaos bambu, membuatnya mulai dilirik. Terutama bagi anda yang memilih kenyamanan, bahan ini sangat direkomendasikan. Tak apa menambah sedikit biaya karena sebanding dengan kualitasnya.

×

Powered by WhatsApp Chat

× 𝗛𝘂𝗯𝘂𝗻𝗴𝗶 𝗞𝗮𝗺𝗶.